Berbagi Kasih di Rumah Sepuh

Kegiatan

“…. kelompok ini memiliki kepekaan bersama untuk kepedulian. Inilah yang sungguh membuat kami para romo tua, yang sudah jauh dari derap Gereja, tetap mendapatkan sentuhan komunikasi,” itulah kesan Romo Dominicus Bambang Sutrisno, Pr ketika ditanyai redaktur gerejabonoharjo.net perihal anjangsana Ibu-Ibu Paroki Administratif Bonoharjo.

“Sebenarnya dengan Bonoharjo saya kebetulan saja mempunyai relasi dengan Bapak-Ibu Sriyanto. Barangkali keluarga ini sedikit banyak sering memberi informasi tentang romo-romo tua di Domus Pacis (Rumah Damai). Atau mungkin juga kebetulan pastor paroki, yaitu Romo Agoeng, juga pernah tinggal cukup lama di Domus Pacis. Beliau barangkali juga pernah menyinggung para romo tua di Domus Pacis,” lanjutnya. Romo Bambang juga bercerita bahwa kepekaan bersama untuk berkepedulian itu baik kalau juga dapat dirasakan oleh mereka yang sering disebut entah kecil, entah lemah, entah miskin ,entah tersingkir. Dari sini kelompok-kelompok, termasuk Ibu-Ibu Paroki akan dapat menjadi ujung tombak kesaksian iman.

Kegiatan anjangsana Ibu-Ibu Paroki Bonoharjo ke rumah sepuh romo-romo adi yuswa projo Keuskupan Agung Semarang (8/4) merupakan salah satu program kegiatan yang sudah diagendakan pada tahun 2020. Tapi karena situasi dan kondisi, baru bisa dilaksanakan tahun ini melalui 6 orang perwakilan wilayah dan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. “Tujuannya adalah peduli kasih dalam rangka Paskah. Dana dan sembako yang kami bawa berasal dari iuran anggota paguyuban Ibu-ibu Paroki,” kata Ch. Sulastri, Ketua Paguyuban Ibu-ibu Paroki. Kegiatan anjangsana merupakan program rutin tahunan yang biasanya dilaksanakan di panti asuhan.

Beberapa romo sepuh di Domus Pacis (sumber: http://domuspacispuren.blogspot.com)

Selain titip salam untuk seluruh Ibu-ibu di Paroki Administratif Bonoharjo, di akhir pembicaraan dengan redaksi gerejabonoharjo.net, Romo Bambang juga turut senang atas pembangunan gereja St. Maria Mater Dei. “Oh, ya, profisiat sudah berproses membangun gereja. Semoga pembangunan ini sungguh membuat ibu-ibu makin berperan dalam mengembangkan Kepekaan Bersama untuk Berkepedulian,” kata Romo Bambang yang pernah mengenyam pendidikan di SMA Kolese De Britto. “Hati-hati, jangan sampai pembangunan gedung jadi sumber pertengkaran. Berkah Daleeeeem…..,” pungkasnya.