Pembangunan Gereja Bono: Mencari Tukang Mebeler Untuk Membuat Kursi Umat

Kegiatan

Pembangunan gereja “saron” Bonoharjo terus berlangsung. Beberapa waktu lalu tim kecil dari Panitia Pembangunan berdiskusi tentang interior gereja. Salah satunya adalah pengadaan kursi umat. Beberapa rekanan telah dihadirkan. Tapi karena keterbatasan biaya, maka diputuskan pengadaan kursi umat akan semi swakelola.

Ada dua prinsip semi swakelola tersebut. Pertama, bahan kayu jati akan dimohonkan bantuan dari umat. Di daerah Bonoharjo yang memiliki kontur tanah berkapur banyak ditumbuhi pohon jati. Maka umat diberi kesempatan untuk menyumbangkan pohon jatinya. Agar kualitas kursi tetap baik, maka panitia mensyaratkan pohon jati dengan diameter minimal 30 cm. Menurut FX. Sunarno, koordinator Usaha Dana, saat ini sudah tersedia sekitar 15 meter kubik kayu jati bantuan umat. Jumlah ini masih separo dari jumlah kayu yang dibutuhkan.

Sunarno (kiri) bersama Kardi (kanan) yang menyumbangkan pohon jati untuk pembuatan kursi umat

Kedua, pengerjaan kursi umat akan diberikan kepada tukang mebel di wilayah Paroki Administratif Bonoharjo dan sekitarnya. Para pengusaha mebel diberi kesempatan memberikan tawaran pengadaan kepada panitia pembangunan. Tentu dengan spesifikasi teknis sesuai dengan ketentuan dari panitia. Selanjutnya, panitia akan menyeleksi penawaran yang diajukan dan memutuskan rekanan yang akan dipercaya untuk mengerjakannya. Panitia memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siapa saja yang akan mengajukan penawaran. Selain itu, panitia juga mohon bantuan umat untuk memberikan informasi siapa saja pengusaha mebel yang dapat dihubungi untuk menyediakan kursi dengan kualitas baik dan dengan harga terjangkau. Harapannya, di Bulan Mei, kursi umat sudah bisa mulai dikerjakan.

Gambar teknis desain kursi umat

Di sisi lain, pada Sabtu (11/4) pembangunan fisik bangunan gereja pekam ke-14 sampai pada tahap pembuatan balok ring. “Sekarang pembuatan balok ring dan dag saron. Minggu depan pembuatan kolom atas balok ring. Mekaten pekerjaan terbesarnya,” kata Martaji ketika dihubungi redaksi bonoharjo.net.

BCA KCP Wates No. Rek.: 8025145085 atas nama PETRUS NOEGROHO AGOENG SW atau STEFANUS HARWANTO

Mandiri KCP Wates No. Rek.: 137-00-1189267-2 atas nama PAN RENOVASI GRJ ST. MARIA MD BONOHARJO 

info: Sunarno (088 216 403 530)

Kontributor foto: M. Eko Supriyadi