Intensi Doa Paus Fransikus di Bulan April: Untuk Hak Asasi Manusia

Renungan

“Membela hak asasi manusia menuntut keberanian dan tekad.” Paus Fransiskus memulai “Video Paus” untuk bulan April dengan ucapan tersebut. Paus mengundang semua orang yang berniat baik untuk berdoa bagi mereka yang mempertaruhkan nyawa untuk memperjuangkan hak-hak fundamental. Berdoa untuk mereka yang secara aktif memerangi kemiskinan, ketidaksetaraan, kurangnya pekerjaan, permasalahan tanah dan perumahan, serta pengingkaran hak-hak sosial dan tenaga kerja.”

Paus menyesalkan bahwa hak asasi manusia seringkali tidak setara untuk semua. Ada yang dianggap orang-orang kelas satu, dua, dan tiga, serta mereka yang dapat dibuang atau disingkirkan. Padahal hak asasi manusia harus setara untuk semua.

“Di beberapa tempat, membela martabat orang bisa berarti masuk penjara, bahkan tanpa pengadilan. Atau itu bisa berarti fitnah,” kata Paus. Namun terlepas dari bahaya tersebut, kata Paus Fransiskus, “Setiap manusia memiliki hak untuk berkembang sepenuhnya, dan hak fundamental ini tidak dapat disangkal oleh negara mana pun.”

“Mari kita berdoa bagi mereka yang mempertaruhkan nyawa sambil memperjuangkan hak-hak dasar di bawah kediktatoran, rezim otoriter, dan bahkan di negara demokrasi dalam krisis, agar mereka dapat melihat pengorbanan dan pekerjaan mereka menghasilkan buah yang berlimpa,” ajak Bapa Suci.

Sumber: https://www.vaticannews.va/, https://youtu.be/05IpzikkA9Y