Pembangunan Gereja “Saron” Bonoharjo Pekan ke-11

Kegiatan

Tidak terasa, pembangunan gereja “Saron” St. Maria Mater Dei Bonoharjo sudah masuk pada minggu ke-11. Banyak umat yang mengapresiasi baik pembangunan yang didambakan sudah cukup lama ini. Berbagai hal disumbangkan umat untuk menyukseskan pembangunan tersebut. Bahkan ada yang menyematkan othak-athik gathuk nama Saron yang sebenarnya adalah nama alat musik khas Jawa menjadi singkatan dari SAnta maRia mater dei bONoharjo.

Pekan ke-11 ini masih menyelesaikan pondasi gereja yang memang dibuat lebih tinggi dari permukaan jalan kampung di depan gereja. Harapannya banjir saat musim penghujan yang sering dialami gereja lama tidak terjadi lagi. Ke depannya, tinggi jalan pasti akan naik, maka pembangunan gereja Bonoharjo juga harus mengantisipasi hal tersebut. Sampai saat ini pembuatan pondasi dan tiang pilar penyangga bentuk saron masih dalam proses pengerjaan.

Di waktu lain, tepatnya pada Rabu, 17 Maret 2021, Tim Usaha Dana mulai mengerat kulit pohon jati sumbangan umat. Hal ini dilakukan agar ketika ditebang, kayu tersebut sudah kering sehingga ketika dibentuk menjadi kursi gereja tidak menimbulkan masalah akibat tingginya kandungan air. Menurut Sunarno, koordinator Tim Penggalangan Dana, saat ini sudah ada sumbangan 7 buah pohon jati dari umat di Bonoharjo. Selain itu ada sekitar 8 meter kubik kayu jati sumbangan umat yang sudah dipotong. Harapannya jumlah tersebut bisa digunakan untuk membuat kursi umat sejumlah 30-40 buah dari sekitar 120 kursi yang dibutuhkan.

Di hari berikutnya (18/3) Panitia melakukan evaluasi proses pembangunan. Kegiatan rutin tersebut terdiri dari sesi laporan keuangan, laporan progress pembangunan, dan laporan tim penggalangan dana, serta usulan berbagai hal. Pada tanggal yang sama, di siang harinya, dilakukan pengadaan genset gereja. Menurut Al. Sriyanto, genset baru ini memiliki kapasitas 50.000 Watt atau 62,5 KVA dengan 3 Phase. Selanjutnya, genset dengan berat 1,1 ton tersebut akan difungsikan untuk mendukung pembangunan dan berbagai kegiatan gereja lainnya.

BCA KCP Wates No. Rek.: 8025145085 atas nama PETRUS NOEGROHO AGOENG SW atau STEFANUS HARWANTO

Mandiri KCP Wates No. Rek.: 137-00-1189267-2 atas nama PAN RENOVASI GRJ ST. MARIA MD BONOHARJO 

info: Sunarno, 088216403530