Tirakatan Penataan Kawasan Gereja Bono

Kegiatan

“Tirakatan” menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah (1) menahan hawa nafsu (seperti berpuasa, berpantang), (2) mengasingkan diri ke tempat yang sunyi (di gunung dan sebagainya). Selain itu, umat Katolik seringkali menggunakan kata tirakatan dalam perayaan Ekaristi Malam Paskah. Kata “tirakatan” adalah terjemahan dari kata “malam” atau “vigilia” (Latin), yaitu malam sebelum sebuah perayaan. Malam Paskah atau Tirakatan Paskah merupakan “induk dari semua tirakatan”, karena di sinilah Gereja merayakan pokok misteri imannya, yaitu Misteri Paskah Kebangkitan (bdk Perayaan Paskah & Persiapannya, art 77, Seri Dokumen Gerejani No 71).

Tirakatan yang dilaksanakan di Paroki Administratif St. Maria Mater Dei Bonoharjo mengambil makna dari kedua hal tersebut. Proses tirakat dengan bermati raga dan mengasingkan diri dalam kesunyian malam dari hiruk-pikuk duniawi untuk menimba kasih Tuhan jelang kegiatan besar; Penataan Kawasan Gereja Bonoharjo.

Kegiatan tirakatan dilaksanakan setiap hari pada pukul 20.00 WIB. Kegiatan ini dilakukan secara bergilir sejak sehari setelah Ekaristi Hari Raya Maria Immaculata (8 Desember 2020) sampai selesainya Penataan Kawasan Gereja yang diperkirakan pada Desember 2021.

Jadwal Tirakatan Penataan Kawasan Gereja Bonoharjo

Pada Senin (4/1), giliran Lingkungan St. Paulus Kedungsari II melaksanakan tirakatan. Ibadat Tirakatan yang dipimpin oleh prodiakon, Ig. Wagito, mengambil tempat di dalam gereja Bonoharjo. Dalam Ibadat Tirakatan tersebut dilantunkan doa permohonan agar proses Penataan Kawasan Gereja Bonoharjo bisa berlangsung dengan lancar, aman, dan menghadirkan guyub-rukun umat. Selesai tirakatan dilanjutkan tuguran.

Ibadat Tirakatan dari Lingkungan St. Paulus

Bersamaan dengan kegiatan Tirakatan, Tim Penelitian dan Pengembangan Dewan Pastoral Bonoharjo melakukan kegiatan input data umat. Dewan Paroki mengadakan update data seluruh umat yang akan dilaporkan ke Keuskupan Agung Semarang.

Proses input data umat Bonoharjo oleh Tim Litbang di Sekretariat Paroki